Danau Ranau
TRAVEL

Rekomendasi 4 Tempat Wisata Danau Ranau

Ada banyak sekali tempat wisata alam yang asri yang masih belum banyak diketahui orang. Salah satunya adalah tempat wisata di Danau Ranau ,Penasaran ? mari kita simak 4 diantaranya:

  1. Danau Ranau
Danau Ranau
Danau Ranau | Photo by Rohimat Zaidi via Travel.tribunnews.com

Danau yang merupakan danau terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Danau Toba ini berlokasi di Kabupaten OKU Selatan, Provinsi Sumatra Selatan. Untuk bisa sampai di Danau Ranau kamu harus menempuh perjalanan sekitar 8 jam lamanya dari pusat kota Palembang. Saat pertama kali menginjakkan kaki di Danau Ranau kamu pasti akan merasakan  suasana yang sejuk. Tentu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur sejenak dari rutinitas kesibukan kota yang melelahkan .

Letaknya yang berada di sekeliling perbukitan hijau dan Gunung Seminung semakin membuat pemandangan Danau Ranau ini semakin mempesona. Buat kamu yang ingin berlibur kesana tenang kamu tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk biaya penginapan. Karena di sana sudah tersedia banyak home stay dan hotel nyaman dengan harga yang cukup terjangkau . Wisata Danau Ranau akan terlihat semakin ramai pada saat libur lebaran dan tahun baru. Wisatawannya pun beragam mulai dari warga lokal, wisatawan domestic, bahkan wisatawan asing.

2. Ranau Rafting

Ranau Rafting
Ranau Rafting | Photo by Samudra.news

Kamu suka bermain air dan menyukai olahraga yang menantang ?. Maka olahraga arung jeram di Ranau Rafting bisa menjadi salah satu obyek wisata yang harus kamu masukkan dalam daftar list liburan mu. Seperti dilansir akun instagram @Potret_Ranau , Ranau Rafting terletak di desa Niagara Kecamatan Banding Agung Ranau Oku Selatan. Untuk bisa mencoba sensasi wahana Ranau Rafting ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 125.000/orang untuk rute jarak pendek. Sedangkan jika kamu merasa ingin sedikit lebih panjang rutenya maka kamu harus membayar biaya sebesar Rp 250.000 /orang untuk rute jarak panjang . Sebelum mulai menaiki perahu pengunjung akan di minta untuk melakukan pemanasan di bawah instruktur guide. Barulah setelah itu mereka bisa menaiki perahunya . Tak perlu khawatir jika kamu tidak bisa berenang. Karena masing-masing pengunjung akan diberi pelampung dan satu orang guide yang akan ikut naik. Sehingga pengunjung pun akan dijamin keselamatannya.

3. Air Terjun Niagara

Air Terjun Niagara
Air Terjun Niagara | Photo by Youtube.com

Tak jauh dari Danau Ranau terdapat Air Terjun Niagara yang berlokasi di desa Niagara kecamatan Banding Agung Kabupaten Oku Selatan Sumatera Selatan . Air Terjun ini sebenarnya merupakan air yang berasal dari Danau Ranau, hanya saja digunakan untuk kepentingan PLTA sebagai alternatif pembangkit listrik untuk desa setempat. Air terjun tersebut terlihat sangat indah dari kejauhan. Maka dari itu untuk bisa bebas menikmati keindahan alamnya warga disana sepakat untuk membuka akses jalan, sehingga orang-orang bisa dengan mudah menikmati pemandangannya. Sejak saat itu Air Terjun Niagara menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tempat ini juga sangat kekinian sehingga banyak anak-anak milenial yang bersua foto ditempat ini .

4. Taman Bunga Cekovia

Taman Bunga Cekovia
Taman Bunga Cekovia | Photo by Instagram.com

Beberapa tahun belakangan ini Danau Ranau memang sedang fokus mengembangan potensi wisata alamnya. Tak berhenti sampai di Air Terjun Niagara saja . Seperti dilansir akun instagram @Potret_Ranau , Baru-baru ini telah dibuka Taman Bunga Cekovia yang terletak di desa Buay Pematang Ribu Ranau Tengah. Disana kamu akan dimanjakan dengan Taman Bunga yang begitu menawan, perpaduan warna merah dan kuning menjadi dominasi. Tetapi tidak hanya bunga Cekovia saja disana juga terdapat bunga jenis lain yang berwarna ungu yaitu Lavender. Selain itu pada Taman Bunga seluas 2 Ha ini juga ditambahkan aksesoris-aksesoris kekinian sebagai pemanis taman ini.

Sehingga tak heran jika pengunjung disana kebanyakan adalah anak milenial yang ingin eksis dengan bersua foto untuk di upload di sosial media . Ditambah lagi dengan letaknya yang berada membuat Taman Bunga ini menjadi semakin cantik dengan background pemandangan Danau Ranau dan Gunung Seminung. Tiket masuknya pun cukup terjangkau kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000,00 untuk anak-anak, dan Rp 10.000,00 untuk orang dewasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *