Balada Masa Depan
THOUGHT

Balada Masa Depan

Menjadi seorang PNS memang sangat menjanjikan, gaji pokoknya memang terbilang kecil untuk lulusan D3 sepertiku akan tetapi PNS adalah sebuah profesi yang di bawahi langsung oleh pemerintah sehingga tidak hanya gaji pokok saja yang diterima akan tetapi lebih dari itu. Ada banyak sekali tunjangan pokok yang didapatkan oleh seorang PNS diantaranya tunjangan Hari Raya, dan tunjangan lainnya.

Dari dulu profesi PNS adalah profesi paling popular dan sangat diminati. Karena selain gaji dan banyaknya tunjangan, PNS pun akan diberikan dana pensiun saat sudah tidak bekerja lagi. Tak heran memang jika setiap tahunnya semua orang dari rentang usia 18-35 tahun ini berlomba-lomba mengikuti tes CPNS.

Nak, Kamu kenal kak Rian kan, itu lohh yang rumahnya di seberang jalan itu. Alhamdulillah nak dia tahun ini sudah keterima menjadi PNS. Kak Angga juga keterima PNS, penempatan Ambon. Nanti bulan April 2021 ada pembukaan CPNS lohh, persiapkan dirimu untuk mengikuti tesnya ya. Untuk kesekian kalinya sejak aku lulus kuliah ayah kembali membicarakan hal-hal tentang PNS ini.

Seolah aku tidak boleh melupakannya barang satu dua hari saja. Aku tau maksud ayah baik, ia hanya ingin memastikan bahwa kelak anaknya akan mempunyai kehidupan yang lebih baik darinya dengan menjadi seorang PNS. Akan tetapi bukankah itu berlebihan, Ayah tak pernah sekalipun benar-benar menanyakan apa yang sebenarnya diinginkan oleh anaknya. Ayah tak pernah benar-benar menanyakan apakah kelak aku akan bahagia jika menjadi seorang PNS. Aku hanya berpikir bahwa

Apakah menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) adalah satu-satunya tolak ukur kesuksesan seseorang?

Apakah jika seseorang yang tidak bergelar PNS adalah orang-orang yang gagal di masyarakat?

Apakah salah jika seseorang memilih jalan berbeda dengan mengambil profesi lain selain menjadi PNS?

Di era milenial seperti sekarang ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Sehingga kehidupan manusia pun menjadi semakin mudah dengan bantuan teknologi. Saat ini ada banyak sekali profesi-profesi yang dulu tak pernah terpikirkan akan ada di tengah-tengah kehidupan manusia. Seharusnya dengan semakin bervariasinya pilihan profesi baru yang saat ini bermunculan kita tidak perlu bingung lagi. Namun sayangnya tak semua profesi-profesi baru tersebut diketahui oleh orang tua kita, maka dari itulah tugas kita untuk memberikan pengertian tentang profesi tersebut.

Bukannya aku tak mendengarkan perkataan ayahku, akan tetapi untuk saat ini aku sudah memutuskan pilihanku sendiri. Aku sudah membuat pilihan akan profesi apa yang kelak di masa depan akan aku tekuni dan tentunya yang membuatku enjoy dan bahagia melakukannya. Jadi maaf ayah sepertinya untuk urusan ini aku tidak bisa memenuhi keinginanmu. Sebab aku ingin membahagiakanmu, Ibu dan adik dengan caraku sendiri, dijalan yang aku sukai. Karena aku percaya bahwa untuk membahagiakan orang lain, kita pun harus bahagia terlebih dahulu.

Source image : Photo by Yuting Gao via pexels.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *